PROPOSAL
USAHA
”Soto
Ayam WMS”

Nama : Diah Yustiana
NPM : 12214966
Jurusan : Manajemen
Tugas : Kewirausahaan
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya kami
dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini yang berjudul “Soto Ayam WMS”.
Dalam penyusunan
proposal ini, penulis mempunyai banyak bantuan dari berbagai pihak. Karena itu
penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kedua orang tua
dan keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan, kasih, dan
kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga
semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang
lebih baik lagi.
Meskipun penulis
berharap isi dari proposal ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun
selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran
yang membangun agar isi dari proposal inidapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis
berharap agar proposal ini bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih
Tangerang, 12 Mei 2017
Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
..............................................................................................
i
KATA PENGANTAR
...........................................................................................
ii
DAFTAR ISI
.........................................................................................................
iii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................
1
A. Latar
Belakang
.................................................................................................
1
B. Maksud
dan Tujuan
..........................................................................................
1
BAB
II ANALISIS USAHA ............................................................................
2
A. Profil
Usaha
....................................................................................................
2
B. Keunggulan
Usaha
.........................................................................................
2
C. Keunggulan
Produk ........................................................................................
2
D. Sistematika
Pemasaran Produk
....................................................................... 2
BAB
III ANALISIS SWOT
...............................................................................
3
BAB
IV PERENCANAAN KEUANGAN ........................................................
5
A. Kalkulasi
Biaya
...............................................................................................
5
B. Kalkulasi
Modal
.............................................................................................
6
BAB V PENUTUP
...........................................................................................
8
A. Kesimpulan
...................................................................................................
8
B. Harapan-harapan
..........................................................................................
8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring
perkembangan zaman, semakin bertambah pula jumlah penduduk. Dengan sedikit
membaiknya kondisi ekonomi kita paska krisis, kita melihat gelait ekonomi dan
konsumsi yang cukup menjanjikan. dan Selain itu juga banyaknya bahan baku yang
melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha “Soto
Ayam WMS”.
Usaha
Soto merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Indikasinya terlihat dari
tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya
orang yang berwirausaha di bidang ini.
Menurut
beberapa pengusaha Soto, peluang usaha ini masih terbuka mengingat banyaknya
penggemar Soto. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup menggiurkan salah
satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep Soto yang enak. Selain itu
pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik usaha ini akan
berjalan dengan sukses.
B. Maksud
dan Tujuan
Adapun
maksud dan tujuan penulis memilih produk ini, yaitu :
a. Menumbuhkan
jiwa mandiri
b. Membuka
usaha kecil (berwirausaha)
c. Mencari
penghasilan
d. Memperluas
pengetahuan dan informasi
e. Menambahkan
kreativitas
BAB
II
ANALISIS
USAHA
A.
Profil Usaha
Usaha
warung makan soto ayam ini saya dirikan atas dasar kecintaan mamah saya dalam
bidang memasak, dan masakan andalannya yaitu Soto Ayam. Oleh karena itu saya ingin
membantu mewujudkan cita-cita mamah saya untuk membuka warung makan soto ayam,
walau hanya dengan modal minim atau mungkin juga hasil pinjaman dari bank, saya
akan mendirikan usaha warung soto dengan nama “Soto Ayam WMS“ apa itu WMS ? wms
adalah singkatan dari “Wahana Mitra Selaras”. Wahana Mitra Selaras adalah nama
perusahaan keluarga dalam bidang General Contractor yang sudah berdiri lama
sebelum warung ini dibuka. Dan kami ingin mencoba peruntukan bisnis lainnya
dalam bidang kuliner. Warung makan soto ayam ini akan didirikan
di Jl. Raya Legok-Karawaci km 1, Tangerang-Banten. Pemilihan tempat merupakan
jalan raya utama di daerah Legok dan sekitarnya. Sehingga banyaknya orang yang
lalu lalang yang menjadi pelung besar untuk membuka usaha.
B.
Keunggulan Usaha
1. Modal
tidak terlalu besar
2. Produk
mudah dipasarkan
3. Alat-alat
yang digunakan sederhana
4. Proses
pembuatan mudah
C.
Keunggulan Produk
1. Harganya
relatif murah
2. Dinikmati
oleh semua kalangan masyarakat
3. Mudah
di dalam pengadaan barangnya
4. Rasanya
sesuai dengan selera masyarakat
5. Aman
dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet
D. Sistematika
Pemasaran Produk
Dalam
memasarkan produk “Soto Ayam WMS” ini memakai sistem distribusi langsung, yaitu
dari produsen langsung dijual pada para konsumen tanpa melalui perantara dan
menggunakan metode WOM (world of the
mouth) atau dala bahasa indonesia dari mulut ke mulut.
BAB
III
ANALISIS
SWOT
1. Strength (Kekuatan)
a. Soto merupakan salah satu jenis
makanan yang disukai oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja, maupun orang
dewasa.
b. Soto merupakan makanan yang
terjangkau haraganya sehingga setiap orang mampu membelinya.
c.
Rasanya enak dan unik
Dalam
pembuatan “Soto Ayam WMS” menggunakan resep yang istimewa, bumbu-bumbu rahasia.
Soto ini disajikan sesedap mungkin.
d. Bahan
bakunya terjangkau dan mudah diperoleh
Ini
dikarenakan dalam proses produksinya produsen tidak membutuhkan banyak bahan
baku yang mahal selain itu bahan baku tersebut mudah diperoleh.
e. Cara
pembuatannya mudah
Karena
tidak terlalu banyak bahan yang digunakan dan langkah dalam pembuatannya tidak
memerlukan waktu yang lama, membuat produsen mudah membuat Soto.
2.
Weakness (Kelemahan)
a. Banyak
Saingan
Usaha
Soto adalah usaha yang memiliki banyak saingan.
b. Tidak
tahan lama
Bagaimanapun
Soto adalah produk yang tidak tahan lama. Jika tidak habis dijual ia akan basi.
3. Opportunity (Peluang)
a. Penjualan “Soto Ayam WMS”
memiliki peluang yang cukup besar, seperti yang telah produsen paparkan
sebelumnya bahwa “Soto Ayam WMS” mempunyai cita rasa yang istimewa, karena
menggunakan resep rahasia yang istimewa.
b.
“Soto Ayam WMS” memiliki peluang yang besar karena berada di pinggir jalan raya
yang menjadi akses utama warga sekitar sehingga dapat menarik banyak pelanggan.
4. Threat (Ancaman)
a.
Banyak pesaing baik dari penjual Soto sendiri atau juga dari pesaing makanan
sejenis seperti bakso dan soto jenis lainnya.
b. Dalam
memproduksi “Soto Ayam WMS” memungkinkan pihak lain “mencuri” resep istimewa
ini, dikarenakan bahan dan proses pembuatannya yang mudah.
BAB
IV
PERENCANAAN
KEUANGAN
A. Kalkulasi
Biaya
a) Bahan
baku pembuatan soto untuk 35 porsi
1. Bahan
utama :
Tabel
4.1
Bahan
Baku
No.
|
Bahan
|
Satuan
|
Biaya per hari
|
Biaya/bulan (25 hari)
|
1.
|
Ayam
|
3 ekor
|
Rp 105.000
|
Rp 2.625.000
|
2.
|
Mie bihun
|
4 bungkus
|
Rp 12.000
|
Rp 300.000
|
3.
|
Tauge
|
½ kg
|
Rp 10.000
|
Rp 250.000
|
4.
|
Bawang merah
|
¼ kg
|
Rp 10.000
|
Rp 250.000
|
5.
|
bawang putih
|
¼ kg
|
Rp. 15.000
|
Rp. 375.000
|
5.
|
Kecap
|
1 botol kecil
|
Rp
5.000
|
Rp 125.000
|
6.
|
Cabai
|
½ kg
|
Rp 15.000
|
Rp 375.000
|
7.
|
Minyak goreng
|
1 ltr
|
Rp 17.000
|
Rp 425.000
|
8.
|
Penyedap rasa
|
4
|
Rp
2.000
|
Rp 50.000
|
9.
|
Merica
|
3
|
Rp
3.000
|
Rp 75.000
|
10.
|
Daun bawang + seledri
|
¼
|
Rp
5.000
|
Rp 125.000
|
11.
|
Jeruk limau
|
¼
|
Rp. 10.000
|
Rp. 250.000
|
12.
|
Kol
|
1 kg
|
Rp. 15.000
|
Rp. 375.000
|
13.
|
Bumbu Dapur
|
1 kantong
|
Rp. 5.000
|
Rp. 125.000
|
14.
|
Tomat
|
½ kg
|
Rp. 5.000
|
Rp. 125.000
|
Total
|
Rp. 234.000
|
Rp 5.850.000
|
Total
Biaya Bahan baku :
=
Rp 5.850.000
b) Biaya
tenaga kerja
1 orang x 25 hari x Rp 30.000 = Rp 750.000
c) Biaya Overhead Pabrik
o Biaya
penyusutan
peralatan Rp 150.000
o Biaya
listrik dan
air
Rp 175.000

Total
biaya Rp.
425.000
Untuk
tiap porsinya di hargai Rp. 10.000
Jadi
dalam 30 porsi menghasilkan Rp. 10.000 x 30 = Rp.300.000
Laba
bersih = Penghasilan Produksi – Penghasilan Operasional
Rp.
350.000 – Rp.234.000 = Rp. 116.000
Jadi
laba bersih yang dihasilkan per hari sebesar Rp. 116.000
NB:
Untuk beberapa bahan masih ada yang tersisa
B. Kalkulasi
Modal
a) Modal
Pembelian Peralatan
Dalam
memulai usaha soto ini tentu saja kita memerlukan peralatan-peralatan untuk
produksi soto. Peralatan ini cukup dibeli sekali ketika pertama kali memulai
usaha. Diantara peralatan tersebut adalah :
Tabel
4.2
Modal
Peralatan
No.
|
Peralatan
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Kompor
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
2.
|
Sendok
|
2 lusin
|
Rp 15.000
|
Rp
30.000
|
3.
|
Mangkok
|
30
|
Rp 5.000
|
Rp 150.000
|
4.
|
Pisau
|
1
|
Rp 3.000
|
Rp
3.000
|
5.
|
Panci
|
2
|
Rp 25.000
|
Rp 50.000
|
6.
|
Sendok sayur
|
1
|
Rp 5.000
|
Rp
5.000
|
7.
|
Tabung gas &
tabung regulator
|
1
|
Rp 250.000
|
Rp 250.000
|
8.
|
Talenan
|
1
|
Rp 5.000
|
Rp
5.000
|
9.
|
Meja kecil
|
2
|
Rp 50.000
|
Rp 100.000
|
10.
|
Tikar
|
2
|
Rp 50.000
|
Rp 100.000
|
11.
|
Kursi
|
2
|
Rp. 50.000
|
Rp. 100.000
|
Total
|
Rp. 1.093.000
|
BAB
V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada
hakikatnya, setiap orang yang ingin melaksanakan sesuatu harus dilandasi dengan
itikad baik. Agar semua kegiatan yang kita rencanakan dapat berjalan dengan
lancar.
B. Harapan-harapan
Harapan-harapan
kita dalam melaksanakan kegiatan usaha ini, nantinya dapat :
- Meningkatkan
mutu pelayanan
- Meningkatkan
omset penjualan
- Melaksanakan
semua kegiatan semaksimal mungkin
C. Saran
Untuk para pembaca yang ingin memulai dan
merintis usaha Soto Ayam ini maka sebaiknya anda juga memperhatikan beberapa
hal berikut:
- Modal
yang anda miliki
- Lokasi
untuk berjualan yg strategis
- Kemampuan
untuk measarkan dengan baik (bisa memanfaatkan media yang ada)
- Jeli
dalam melihat target pasar
Jadi,
dengan begitu anda bisa siap untuk memulai usaha, sekaligus bertahan di
ketatnya persaingan pasar yang ada saat ini.
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
terimakasih atas ilmunya Kak, sangat membantu dan bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Gratis